TUTORIAL MEMBUAT GAME PUZZLE
Pertama-tama bukalah program Visual Basic 2010 dengan cara:
1. Klik "Start"
2. Pilih Microsoft Visual Basic 2010
3. Setelah mucul "Start Page" pilih "New Project"
4. Setelah muncul halaman New Project pilih “Windows Forms Application”
5. Klik “OK”
6. Selanjutnya muncul lembar kerja Visual Basic yang biasa disebut Form
7. Form diisi dengan berbagai komponen yang didapat melalui "Toolbox"
7. Form diisi dengan berbagai komponen yang didapat melalui "Toolbox"
8. Interface form
NO
|
KOMPONEN
|
PROPERTIES
|
KETERANGAN
|
1
|
Form 2
|
Name
|
Form 2
|
Text
|
Puzzle Game
|
||
2
|
Button 1
|
Name
|
Button 1
|
Text
|
1
|
||
3
|
Button 2
|
Name
|
Button 2
|
Text
|
2
|
||
4
|
Button 3
|
Name
|
Button 3
|
Text
|
3
|
||
5
|
Button 4
|
Name
|
Button 4
|
Text
|
4
|
||
6
|
Button 5
|
Name
|
Button 5
|
Text
|
5
|
||
7
|
Button 6
|
Name
|
Button 6
|
Text
|
6
|
||
8
|
Button 7
|
Name
|
Button 7
|
Text
|
7
|
||
9
|
Button 8
|
Name
|
Button 8
|
Text
|
8
|
||
10
|
Button 9
|
Name
|
Button 9
|
Text
|
|||
11
|
Button 10
|
Name
|
Button 10
|
Text
|
RANDOM
|
||
12
|
Button 11
|
Name
|
Button 11
|
Text
|
STOP
|
||
13
|
Button 12
|
Name
|
Button 12
|
Text
|
HINT
|
||
14
|
Button 13
|
Name
|
Button 13
|
Text
|
RESET
|
||
15
|
ToolStripButton1
|
Name
|
ToolStripButton1
|
Text
|
Play
|
||
16
|
ToolStripButton2
|
Name
|
ToolStripButton2
|
Text
|
Back
|
||
17
|
ToolStrip1
|
Name
|
ToolStrip1
|
Text
|
ToolStrip1
|
||
18
|
Timer1
|
Name
|
Timer1
|
Text
|
|||
19
|
Form 3
|
Name
|
Form 3
|
Text
|
Form 3
|
||
20
|
PictureBox 1
|
Name
|
PictureBox1
|
Text
|
|||
21
|
Button 11
|
Name
|
Button 11
|
Text
|
BACK
|
||
22
|
Form 4
|
Name
|
Form 4
|
Text
|
Form 4
|
||
23
|
Button 1
|
Name
|
Button 1
|
Text
|
1
|
||
24
|
Form 5
|
Name
|
Form 5
|
Text
|
Welcome
|
||
25
|
Label 1
|
Name
|
Label 1
|
Text
|
Welcome to Puzzle Game
|
||
26
|
Button 1
|
Name
|
Button 1
|
Text
|
Quit
|
||
27
|
Button 11
|
Name
|
Button 11
|
Text
|
Start
|
ANALISIS
LISTING
PADA FORM 2
Public Class Form2
Dim acak As Integer
Dim Gambar As Object
Dim Angka As String
Dim a As Object
Dim b As Object
Dim c As Object
Dim d As Object
Dim j As Object
Dim f As Object
Dim g As Object
Dim h As Object
Dim i As Object
Private Sub
Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button1.Click
If Button2.Text = ""
Then
Gambar = Button1.BackgroundImage
Button1.BackgroundImage = Button2.BackgroundImage
Button2.BackgroundImage = Gambar
Angka = Button1.Text
Button1.Text = Button2.Text
Button2.Text = Angka
ElseIf Button4.Text = ""
Then
Gambar = Button1.BackgroundImage
Button1.BackgroundImage = Button4.BackgroundImage
Button4.BackgroundImage = Gambar
Angka = Button1.Text
Button1.Text = Button4.Text
Button4.Text = Angka
End If
If Button1.Text = "1"
And Button2.Text = "2"
And Button3.Text = "3"
And
Button4.Text = "4" And Button5.Text = "5"
And Button6.Text = "6"
And
Button7.Text = "7" And Button8.Text = "8"
Then
Button9.BackgroundImage = Form4.Button1.BackgroundImage
MsgBox("Congratulation, you win the
game :) ", vbInformation, "play")
Button10.Enabled = True
Button11.Enabled = True
Button1.Enabled = False
Button2.Enabled = False
Button3.Enabled = False
Button4.Enabled = False
Button5.Enabled = False
Button6.Enabled = False
Button7.Enabled = False
Button8.Enabled = False
Button9.Enabled = False
Button10.Enabled = False
Button11.Enabled = False
Button12.Enabled = False
End If
End Sub
Listing ini digunakan dalam
pemindahan puzzle jika salah satu button di dekat button1 terdapat gambar yang
kosong, maka setelah button1 diklik, button1 tersebut akan berpindah ke posisi
gambar yang kosong sehingga gambar dapat bergeser. Pemindahan ini dibantu oleh
properties backgroundimage dan text berupa data angka integer sehingga
memudahkan dalam pemindahan menggunakan suatu source code. Data integer angka
ini tidak terlihat karena ukuran text diperkecil menjadi 1 agar angka tersebut
tidak terlihat.
Prinsip
kerjanya adalah sebagai berikut: Ketika button1 diklik, kemungkinan yang
terjadi adalah gambar backgroundimage berpindah ke button2 atau ke button 3.
Jika button1 bertukar dengan button2, maka, pada button2, variable gambar
adalah button1.backgroundimage sehingga nanti button2.backgroundimage sama
dengan button1.backgroundimage. Namun button2.background nantinya adalah
variabel gambar sehingga terjadi pertukaran antara button1.backgroundimage
dengan button2.backgroundimage.
Begitu
pula jika button1 bertukar dengan button4, Jika button1 bertukar dengan
button4, maka, pada button4, variable gambar adalah button1.backgroundimage
sehingga nanti button4.backgroundimage sama dengan button1.backgroundimage.
Namun button4.background nantinya adalah variabel gambar sehingga terjadi
pertukaran antara button1.backgroundimage dengan button4.backgroundimage.
Selain
itu, listing di bawah ini juga berisi jika kita berhasil memenangkan game, maka
gambar 9 otomatis muncul dan akan memunculkan message box yang berisi ucapan
selamat dan setiap puzzle otomatis tidak dapat diklik lagi karena game sudah
selesai, yaitu dengan menggunakan bantuan operator percabangan if.
Private Sub
Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button2.Click
If Button1.Text = ""
Then
Gambar = Button2.BackgroundImage
Button2.BackgroundImage = Button1.BackgroundImage
Button1.BackgroundImage = Gambar
Angka = Button2.Text
Button2.Text = Button1.Text
Button1.Text = Angka
ElseIf Button3.Text = ""
Then
Gambar = Button2.BackgroundImage
Button2.BackgroundImage = Button3.BackgroundImage
Button3.BackgroundImage = Gambar
Angka = Button2.Text
Button2.Text = Button3.Text
Button3.Text = Angka
ElseIf Button5.Text = ""
Then
Gambar = Button5.BackgroundImage
Button5.BackgroundImage = Button2.BackgroundImage
Button2.BackgroundImage = Gambar
Angka = Button5.Text
Button5.Text = Button2.Text
Button2.Text = Angka
End If
If Button1.Text = "1"
And Button2.Text = "2"
And Button3.Text = "3"
And
Button4.Text = "4" And Button5.Text = "5"
And Button6.Text = "6"
And
Button7.Text = "7" And Button8.Text = "8"
Then
Button9.BackgroundImage = Form4.Button1.BackgroundImage
MsgBox("Congratulation, you win the
game :) ", vbInformation, "play")
Button10.Enabled = True
Button11.Enabled = True
Button1.Enabled = False
Button2.Enabled = False
Button3.Enabled = False
Button4.Enabled = False
Button5.Enabled = False
Button6.Enabled = False
Button7.Enabled = False
Button8.Enabled = False
Button9.Enabled = False
Button10.Enabled = False
Button11.Enabled = False
Button12.Enabled = False
End If
End Sub
Listing ini digunakan dalam
pemindahan puzzle jika salah satu button di dekat button2 terdapat gambar yang
kosong, maka setelah button2 diklik, button2 tersebut akan berpindah ke posisi
gambar yang kosong sehingga gambar dapat bergeser. Pemindahan ini dibantu oleh
properties backgroundimage dan text berupa data integer sehingga memudahkan
dalam pemindahan menggunakan suatu source code.
Prinsip
kerjanya adalah sebagai berikut: Ketika button2 diklik, kemungkinan yang
terjadi adalah gambar backgroundimage berpindah ke button1, ke button3 atau ke
button5. Jika button2 bertukar dengan button3, maka, pada button3, variable
gambar adalah button1.backgroundimage sehingga nanti button3.backgroundimage
sama dengan button2.backgroundimage. Namun button2.background nantinya adalah
variabel gambar sehingga terjadi pertukaran antara button1.backgroundimage
dengan button3.backgroundimage.
Jika
button2 bertukar dengan button1, Jika button2 bertukar dengan button1, maka,
pada button1, variable gambar adalah button1.backgroundimage sehingga nanti
button1.backgroundimage sama dengan button2.backgroundimage. Namun
button4.background nantinya adalah variabel gambar sehingga terjadi pertukaran
antara button2.backgroundimage dengan button1.backgroundimage.
Begitu
pula jika button2 bertukar dengan button5, Jika button2 bertukar dengan
button5, maka, pada button5, variable gambar adalah button2.backgroundimage
sehingga nanti button5.backgroundimage sama dengan button2.backgroundimage.
Namun button5.background nantinya adalah variabel gambar sehingga terjadi
pertukaran antara button2.backgroundimage dengan button5.backgroundimage.
Selain
itu, listing di bawah ini juga berisi jika kita berhasil memenangkan game, maka
gambar 9 otomatis muncul dan akan memunculkan message box yang berisi ucapan
selamat dan setiap puzzle otomatis tidak dapat diklik lagi karena game sudah
selesai, yaitu dengan menggunakan bantuan operator percabangan if.
Private Sub
Button3_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button3.Click
If Button2.Text = ""
Then
Gambar = Button3.BackgroundImage
Button3.BackgroundImage =
Button2.BackgroundImage
Button2.BackgroundImage = Gambar
Angka = Button3.Text
Button3.Text = Button2.Text
Button2.Text = Angka
ElseIf Button6.Text = ""
Then
Gambar = Button3.BackgroundImage
Button3.BackgroundImage = Button6.BackgroundImage
Button6.BackgroundImage = Gambar
Angka = Button3.Text
Button3.Text = Button6.Text
Button6.Text = Angka
End If
If Button1.Text = "1"
And Button2.Text = "2"
And Button3.Text = "3"
And
Button4.Text = "4" And Button5.Text = "5"
And Button6.Text = "6"
And
Button7.Text = "7" And Button8.Text = "8"
Then
Button9.BackgroundImage = Form4.Button1.BackgroundImage
MsgBox("Congratulation, you win the
game :) ", vbInformation, "play")
Button10.Enabled = True
Button11.Enabled = True
Button1.Enabled = False
Button2.Enabled = False
Button3.Enabled = False
Button4.Enabled = False
Button5.Enabled = False
Button6.Enabled = False
Button7.Enabled = False
Button8.Enabled = False
Button9.Enabled = False
Button10.Enabled = False
Button11.Enabled = False
Button12.Enabled = False
End If
End Sub
Listing ini digunakan dalam
pemindahan puzzle jika salah satu button di dekat button3 terdapat gambar yang
kosong, maka setelah button3 diklik, button3 tersebut akan berpindah ke posisi
gambar yang kosong sehingga gambar dapat bergeser. Pemindahan ini dibantu oleh
properties backgroundimage dan text berupa data integer sehingga memudahkan
dalam pemindahan menggunakan suatu source code.
Prinsip
kerjanya adalah sebagai berikut: Ketika button3 diklik, kemungkinan yang
terjadi adalah gambar backgroundimage berpindah ke button2 atau ke button 6.
Jika button3 bertukar dengan button2, maka, pada button2, variable gambar
adalah button3.backgroundimage sehingga nanti button2.backgroundimage sama
dengan button3.backgroundimage. Namun button2.background nantinya adalah
variabel gambar sehingga terjadi pertukaran antara button3.backgroundimage
dengan button2.backgroundimage.
Begitu
pula jika button3 bertukar dengan button6, Jika button3 bertukar dengan button6,
maka, pada button6, variable gambar adalah button3.backgroundimage sehingga
nanti button6.backgroundimage sama dengan button3.backgroundimage. Namun button6.background
nantinya adalah variabel gambar sehingga terjadi pertukaran antara button3.backgroundimage
dengan button6.backgroundimage.
Selain itu, listing di bawah ini juga berisi jika
kita berhasil memenangkan game, maka gambar 9 otomatis muncul dan akan
memunculkan message box yang berisi ucapan selamat dan setiap puzzle otomatis
tidak dapat diklik lagi karena game sudah selesai, yaitu dengan menggunakan
bantuan operator percabangan if.
Private Sub
Button4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button4.Click
If
Button1.Text = "" Then
Gambar = Button4.BackgroundImage
Button4.BackgroundImage = Button1.BackgroundImage
Button1.BackgroundImage = Gambar
Angka = Button4.Text
Button4.Text = Button1.Text
Button1.Text = Angka
ElseIf Button5.Text = ""
Then
Gambar = Button4.BackgroundImage
Button4.BackgroundImage = Button5.BackgroundImage
Button5.BackgroundImage = Gambar
Angka = Button4.Text
Button4.Text = Button5.Text
Button5.Text = Angka
ElseIf Button7.Text = ""
Then
Gambar = Button4.BackgroundImage
Button4.BackgroundImage = Button7.BackgroundImage
Button7.BackgroundImage = Gambar
Angka = Button4.Text
Button4.Text = Button7.Text
Button7.Text = Angka
End If
If Button1.Text = "1"
And Button2.Text = "2"
And Button3.Text = "3"
And
Button4.Text = "4" And Button5.Text = "5"
And Button6.Text = "6"
And
Button7.Text = "7" And Button8.Text = "8"
Then
Button9.BackgroundImage = Form4.Button1.BackgroundImage
MsgBox("Congratulation, you win the
game :) ", vbInformation, "play")
Button10.Enabled = True
Button11.Enabled = True
Button1.Enabled = False
Button2.Enabled = False
Button3.Enabled = False
Button4.Enabled = False
Button5.Enabled = False
Button6.Enabled = False
Button7.Enabled = False
Button8.Enabled = False
Button9.Enabled = False
Button10.Enabled = False
Button11.Enabled = False
Button12.Enabled = False
End If
End Sub
Listing ini digunakan dalam
pemindahan puzzle jika salah satu button di dekat button4 terdapat gambar yang
kosong, maka setelah button4 diklik, button4 tersebut akan berpindah ke posisi
gambar yang kosong sehingga gambar dapat bergeser. Pemindahan ini dibantu oleh
properties backgroundimage dan text berupa data integer sehingga memudahkan
dalam pemindahan menggunakan suatu source code.
Prinsip
kerjanya adalah sebagai berikut: Ketika button4 diklik, kemungkinan yang
terjadi adalah gambar backgroundimage berpindah ke button1 atau ke button 3.
Jika button4 bertukar dengan button1, maka, pada button1, variable gambar
adalah button4.backgroundimage sehingga nanti button1.backgroundimage sama
dengan button4.backgroundimage. Namun button1.background nantinya adalah
variabel gambar sehingga terjadi pertukaran antara button4.backgroundimage
dengan button1.backgroundimage.
Begitu
pula jika button4 bertukar dengan button5. Jika button4 bertukar dengan button5,
maka, pada button4, variable gambar adalah button4.backgroundimage sehingga
nanti button4.backgroundimage sama dengan button5.backgroundimage. Namun button5.background
nantinya adalah variabel gambar sehingga terjadi pertukaran antara button4.backgroundimage
dengan button5.backgroundimage.
Selain itu, listing di bawah ini juga berisi jika
kita berhasil memenangkan game, maka gambar 9 otomatis muncul dan akan
memunculkan message box yang berisi ucapan selamat dan setiap puzzle otomatis
tidak dapat diklik lagi karena game sudah selesai, yaitu dengan menggunakan
bantuan operator percabangan if.
Private Sub
Button5_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button5.Click
If Button2.Text = ""
Then
Gambar = Button5.BackgroundImage
Button5.BackgroundImage = Button2.BackgroundImage
Button2.BackgroundImage = Gambar
Angka = Button5.Text
Button5.Text = Button2.Text
Button2.Text = Angka
ElseIf Button4.Text = ""
Then
Gambar = Button5.BackgroundImage
Button5.BackgroundImage = Button4.BackgroundImage
Button4.BackgroundImage = Gambar
Angka = Button5.Text
Button5.Text = Button4.Text
Button4.Text = Angka
ElseIf Button6.Text = ""
Then
Gambar = Button5.BackgroundImage
Button5.BackgroundImage = Button6.BackgroundImage
Button6.BackgroundImage = Gambar
Angka = Button5.Text
Button5.Text = Button6.Text
Button6.Text = Angka
ElseIf Button8.Text = ""
Then
Gambar = Button5.BackgroundImage
Button5.BackgroundImage = Button8.BackgroundImage
Button8.BackgroundImage = Gambar
Angka = Button5.Text
Button5.Text = Button8.Text
Button8.Text = Angka
End If
If Button1.Text = "1"
And Button2.Text = "2"
And Button3.Text = "3"
And
Button4.Text = "4" And Button5.Text = "5"
And Button6.Text = "6"
And
Button7.Text = "7" And Button8.Text = "8"
Then
Button9.BackgroundImage = Form4.Button1.BackgroundImage
MsgBox("Congratulation, you win the
game :) ", vbInformation, "play")
Button10.Enabled = True
Button11.Enabled = True
Button1.Enabled = False
Button2.Enabled = False
Button3.Enabled = False
Button4.Enabled = False
Button5.Enabled = False
Button6.Enabled = False
Button7.Enabled = False
Button8.Enabled = False
Button9.Enabled = False
Button10.Enabled = False
Button11.Enabled = False
Button12.Enabled = False
End If
End Sub
Listing ini digunakan dalam
pemindahan puzzle jika salah satu button di dekat button5 terdapat gambar yang
kosong, maka setelah button5 diklik, button5 tersebut akan berpindah ke posisi
gambar yang kosong sehingga gambar dapat bergeser. Pemindahan ini dibantu oleh
properties backgroundimage dan text berupa data integer sehingga memudahkan
dalam pemindahan menggunakan suatu source code.
Prinsip
kerjanya adalah sebagai berikut: Ketika button5 diklik, kemungkinan yang
terjadi adalah gambar backgroundimage berpindah ke button2, button4, button8
atau button6. Jika button5 bertukar
dengan button4, maka, pada button5, variable gambar adalah button4.backgroundimage
sehingga nanti button5.backgroundimage sama dengan button4.backgroundimage.
Namun button5.background nantinya adalah variabel gambar sehingga terjadi
pertukaran antara button4.backgroundimage dengan button5.backgroundimage.
Jika
button5 bertukar dengan button2, maka, pada button5, variable gambar adalah
button5.backgroundimage sehingga nanti button5.backgroundimage sama dengan
button2.backgroundimage. Namun button5.background nantinya adalah variabel
gambar sehingga terjadi pertukaran antara button2.backgroundimage dengan
button5.backgroundimage.
Jika
button5 bertukar dengan button6, maka, pada button5, variable gambar adalah
button5.backgroundimage sehingga nanti button5.backgroundimage sama dengan
button6.backgroundimage. Namun button5.background nantinya adalah variabel
gambar sehingga terjadi pertukaran antara button6.backgroundimage dengan
button5.backgroundimage.
Begitu
pula jika button5 bertukar dengan button8, Jika button5 bertukar dengan button8,
maka, pada button5, variable gambar adalah button5.backgroundimage sehingga
nanti button5.backgroundimage sama dengan button8.backgroundimage. Namun button8.background
nantinya adalah variabel gambar sehingga terjadi pertukaran antara button5.backgroundimage
dengan button8.backgroundimage.
Selain
itu, listing di bawah ini juga berisi jika kita berhasil memenangkan game, maka
gambar 9 otomatis muncul dan akan memunculkan message box yang berisi ucapan
selamat dan setiap puzzle otomatis tidak dapat diklik lagi karena game sudah
selesai, yaitu dengan menggunakan bantuan operator percabangan if.
Private Sub
Button6_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button6.Click
If Button3.Text = ""
Then
Gambar = Button6.BackgroundImage
Button6.BackgroundImage = Button3.BackgroundImage
Button6.BackgroundImage = Button3.BackgroundImage
Button3.BackgroundImage = Gambar
Angka = Button6.Text
Button6.Text = Button3.Text
Button6.Text = Button3.Text
Button3.Text = Angka
ElseIf Button5.Text = ""
Then
Gambar = Button6.BackgroundImage
Button6.BackgroundImage = Button5.BackgroundImage
Button5.BackgroundImage = Gambar
Angka = Button6.Text
Button6.Text = Button5.Text
Button5.Text = Angka
ElseIf Button9.Text = ""
Then
Gambar = Button6.BackgroundImage
Button6.BackgroundImage = Button9.BackgroundImage
Button9.BackgroundImage = Gambar
Angka = Button6.Text
Button6.Text = Button9.Text
Button9.Text = Angka
End If
If Button1.Text = "1"
And Button2.Text = "2"
And Button3.Text = "3"
And
Button4.Text = "4" And Button5.Text = "5"
And Button6.Text = "6"
And
Button7.Text = "7" And Button8.Text = "8"
Then
Button9.BackgroundImage = Form4.Button1.BackgroundImage
MsgBox("Congratulation, you win the
game :) ", vbInformation, "play")
Button10.Enabled = True
Button11.Enabled = True
Button1.Enabled = False
Button2.Enabled = False
Button3.Enabled = False
Button4.Enabled = False
Button5.Enabled = False
Button6.Enabled = False
Button7.Enabled = False
Button8.Enabled = False
Button9.Enabled = False
Button10.Enabled = False
Button11.Enabled = False
Button12.Enabled = False
End If
End Sub
Listing ini digunakan dalam
pemindahan puzzle jika salah satu button di dekat button6 terdapat gambar yang
kosong, maka setelah button6 diklik, button6 tersebut akan berpindah ke posisi
gambar yang kosong sehingga gambar dapat bergeser. Pemindahan ini dibantu oleh
properties backgroundimage dan text berupa data integer sehingga memudahkan
dalam pemindahan menggunakan suatu source code.
Prinsip
kerjanya adalah sebagai berikut: Ketika button6 diklik, kemungkinan yang
terjadi adalah gambar backgroundimage berpindah ke button3, button5 atau ke
button9. Jika button3 bertukar dengan button6, maka, pada button6, variable
gambar adalah button3.backgroundimage sehingga nanti button6.backgroundimage
sama dengan button3.backgroundimage. Namun button3.background nantinya adalah
variabel gambar sehingga terjadi pertukaran antara button6.backgroundimage
dengan button3.backgroundimage.
Jika
button6 bertukar dengan button5, maka, pada button6, variable gambar adalah
button6.backgroundimage sehingga nanti button6.backgroundimage sama dengan
button5.backgroundimage. Namun button5.background nantinya adalah variabel
gambar sehingga terjadi pertukaran antara button6.backgroundimage dengan
button5.backgroundimage.
Begitu
pula jika button6 bertukar dengan button9, maka, pada button6, variable gambar
adalah button6.backgroundimage sehingga nanti button6.backgroundimage sama
dengan button9.backgroundimage. Namun button9.background nantinya adalah
variabel gambar sehingga terjadi pertukaran antara button6.backgroundimage
dengan button9.backgroundimage.
Selain itu, listing di bawah ini juga berisi jika
kita berhasil memenangkan game, maka gambar 9 otomatis muncul dan akan
memunculkan message box yang berisi ucapan selamat dan setiap puzzle otomatis
tidak dapat diklik lagi karena game sudah selesai, yaitu dengan menggunakan
bantuan operator percabangan if.
Private Sub
Button7_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button7.Click
If Button4.Text = ""
Then
Gambar = Button7.BackgroundImage
Button7.BackgroundImage = Button4.BackgroundImage
Button4.BackgroundImage = Gambar
Angka = Button7.Text
Button7.Text = Button4.Text
Button4.Text = Angka
ElseIf Button8.Text = ""
Then
Gambar = Button7.BackgroundImage
Button7.BackgroundImage = Button8.BackgroundImage
Button8.BackgroundImage = Gambar
Angka = Button7.Text
Button7.Text = Button8.Text
Button8.Text = Angka
End If
If Button1.Text = "1"
And Button2.Text = "2"
And Button3.Text = "3"
And
Button4.Text = "4" And Button5.Text = "5"
And Button6.Text = "6"
And
Button7.Text = "7" And Button8.Text = "8"
Then
Button9.BackgroundImage = Form4.Button1.BackgroundImage
MsgBox("Congratulation, you win the
game :) ", vbInformation, "play")
Button10.Enabled = True
Button11.Enabled = True
Button1.Enabled = False
Button2.Enabled = False
Button3.Enabled = False
Button4.Enabled = False
Button5.Enabled = False
Button6.Enabled = False
Button7.Enabled = False
Button8.Enabled = False
Button9.Enabled = False
Button10.Enabled = False
Button11.Enabled = False
Button12.Enabled = False
End If
End Sub
Listing ini digunakan dalam
pemindahan puzzle jika salah satu button di dekat button7 terdapat gambar yang
kosong, maka setelah button7 diklik, button7 tersebut akan berpindah ke posisi
gambar yang kosong sehingga gambar dapat bergeser. Pemindahan ini dibantu oleh
properties backgroundimage dan text berupa data integer sehingga memudahkan
dalam pemindahan menggunakan suatu source code.
Prinsip
kerjanya adalah sebagai berikut: Ketika button7 diklik, kemungkinan yang
terjadi adalah gambar backgroundimage berpindah ke button4 atau ke button 8.
Jika button7 bertukar dengan button4, maka, pada button4, variable gambar
adalah button7.backgroundimage sehingga nanti button7.backgroundimage sama
dengan button4.backgroundimage. Namun button7.background nantinya adalah
variabel gambar sehingga terjadi pertukaran antara button7.backgroundimage
dengan button4.backgroundimage.
Begitu
pula jika button7 bertukar dengan button8, maka, pada button7, variable gambar
adalah button7.backgroundimage sehingga nanti button7.backgroundimage sama
dengan button8.backgroundimage. Namun button4.background nantinya adalah
variabel gambar sehingga terjadi pertukaran antara button7.backgroundimage
dengan button8.backgroundimage.
Selain
itu, listing di bawah ini juga berisi jika kita berhasil memenangkan game, maka
gambar 9 otomatis muncul dan akan memunculkan message box yang berisi ucapan
selamat dan setiap puzzle otomatis tidak dapat diklik lagi karena game sudah
selesai, yaitu dengan menggunakan bantuan operator percabangan if.
Private Sub
Button8_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button8.Click
If Button7.Text = ""
Then
Gambar = Button8.BackgroundImage
Button8.BackgroundImage = Button7.BackgroundImage
Button7.BackgroundImage = Gambar
Angka = Button8.Text
Button8.Text = Button7.Text
Button7.Text = Angka
ElseIf Button5.Text = ""
Then
Gambar = Button8.BackgroundImage
Button8.BackgroundImage = Button5.BackgroundImage
Button5.BackgroundImage = Gambar
Angka = Button8.Text
Button8.Text = Button5.Text
Button5.Text = Angka
ElseIf Button9.Text = ""
Then
Gambar = Button8.BackgroundImage
Button8.BackgroundImage = Button9.BackgroundImage
Button9.BackgroundImage = Gambar
Angka = Button8.Text
Button8.Text = Button9.Text
Button9.Text = Angka
End If
If Button1.Text = "1"
And Button2.Text = "2"
And Button3.Text = "3"
And
Button4.Text = "4"
And Button5.Text = "5"
And Button6.Text = "6"
And
Button7.Text = "7" And Button8.Text = "8"
Then
Button9.BackgroundImage = Form4.Button1.BackgroundImage
MsgBox("Congratulation, you win the
game :) ", vbInformation, "play")
Button10.Enabled = True
Button11.Enabled = True
Button1.Enabled = False
Button2.Enabled = False
Button3.Enabled = False
Button4.Enabled = False
Button5.Enabled = False
Button6.Enabled = False
Button7.Enabled = False
Button8.Enabled = False
Button9.Enabled = False
Button10.Enabled = False
Button11.Enabled = False
Button12.Enabled = False
End If
End Sub
Listing ini digunakan dalam
pemindahan puzzle jika salah satu button di dekat button8 terdapat gambar yang
kosong, maka setelah button8 diklik, button8 tersebut akan berpindah ke posisi
gambar yang kosong sehingga gambar dapat bergeser. Pemindahan ini dibantu oleh
properties backgroundimage dan text berupa data integer sehingga memudahkan dalam
pemindahan menggunakan suatu source code.
Prinsip
kerjanya adalah sebagai berikut: Ketika button8 diklik, kemungkinan yang
terjadi adalah gambar backgroundimage berpindah ke button7, button5 atau ke
button 9. Jika button8 bertukar dengan button7, maka, pada button8, variable
gambar adalah button8.backgroundimage sehingga nanti button7.backgroundimage
sama dengan button8.backgroundimage. Namun button7.background nantinya adalah
variabel gambar sehingga terjadi pertukaran antara button8.backgroundimage
dengan button1.backgroundimage.
Jika
button8 bertukar dengan button5, maka, pada button8, variable gambar adalah
button8.backgroundimage sehingga nanti button8.backgroundimage sama dengan button5.backgroundimage.
Namun button5.background nantinya adalah variabel gambar sehingga terjadi
pertukaran antara button8.backgroundimage dengan button5.backgroundimage.
Begitu
pula jika button8 bertukar dengan button4, maka, pada button9, variable gambar
adalah button8.backgroundimage sehingga nanti button8.backgroundimage sama
dengan button9.backgroundimage. Namun button9.background nantinya adalah
variabel gambar sehingga terjadi pertukaran antara button8.backgroundimage
dengan button9.backgroundimage.
Selain
itu, listing di bawah ini juga berisi jika kita berhasil memenangkan game, maka
gambar 9 otomatis muncul dan akan memunculkan message box yang berisi ucapan
selamat dan setiap puzzle otomatis tidak dapat diklik lagi karena game sudah
selesai, yaitu dengan menggunakan bantuan operator percabangan if.
Private Sub
Button9_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button9.Click
If Button6.Text = ""
Then
Gambar = Button9.BackgroundImage
Button9.BackgroundImage = Button6.BackgroundImage
Button6.BackgroundImage = Gambar
Angka = Button9.Text
Button9.Text = Button6.Text
Button6.Text = Angka
ElseIf Button8.Text = ""
Then
Gambar = Button9.BackgroundImage
Button9.BackgroundImage = Button8.BackgroundImage
Button8.BackgroundImage = Gambar
Angka = Button9.Text
Button9.Text = Button8.Text
Button8.Text = Angka
End If
If
Button1.Text = "1" And Button2.Text = "2"
And Button3.Text = "3"
And
Button4.Text = "4" And Button5.Text = "5"
And Button6.Text = "6"
And
Button7.Text = "7" And Button8.Text = "8"
Then
Button9.BackgroundImage = Form4.Button1.BackgroundImage
MsgBox("Congratulation, you win the
game :) ", vbInformation, "play")
Button10.Enabled = True
Button11.Enabled = True
Button1.Enabled = False
Button2.Enabled = False
Button3.Enabled = False
Button4.Enabled = False
Button5.Enabled = False
Button6.Enabled = False
Button7.Enabled = False
Button8.Enabled = False
Button9.Enabled = False
Button10.Enabled = False
Button11.Enabled = False
Button12.Enabled = False
End If
End Sub
Listing ini digunakan dalam
pemindahan puzzle jika salah satu button di dekat button9 terdapat gambar yang
kosong, maka setelah button9 diklik, button9 tersebut akan berpindah ke posisi
gambar yang kosong sehingga gambar dapat bergeser. Pemindahan ini dibantu oleh
properties backgroundimage dan text berupa data integer sehingga memudahkan
dalam pemindahan menggunakan suatu source code.
Prinsip
kerjanya adalah sebagai berikut: Ketika button9 diklik, kemungkinan yang
terjadi adalah gambar backgroundimage berpindah ke button8 atau ke button6.
Jika button9 bertukar dengan button8, maka, pada button9, variable gambar
adalah button9.backgroundimage sehingga nanti button9.backgroundimage sama
dengan button8.backgroundimage. Namun button8.background nantinya adalah
variabel gambar sehingga terjadi pertukaran antara button8.backgroundimage
dengan button9.backgroundimage.
Begitu
pula jika button9 bertukar dengan button6, Jika button9 bertukar dengan button6,
maka, pada button9, variable gambar adalah button9.backgroundimage sehingga
nanti button9.backgroundimage sama dengan button6.backgroundimage. Namun button6.background
nantinya adalah variabel gambar sehingga terjadi pertukaran antara button9.backgroundimage
dengan button6.backgroundimage.
Selain
itu, listing di bawah ini juga berisi jika kita berhasil memenangkan game, maka
gambar 9 otomatis muncul dan akan memunculkan message box yang berisi ucapan
selamat dan setiap puzzle otomatis tidak dapat diklik lagi karena game sudah
selesai, yaitu dengan menggunakan bantuan operator percabangan if.
Private Sub
Timer1_tick(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Timer1.Tick
Gambar = Button9.BackgroundImage
Button9.BackgroundImage = Button4.BackgroundImage
Button4.BackgroundImage = Gambar
Angka
= Button9.Text
Button9.Text = Button4.Text
Button4.Text = Angka
Gambar = Button9.BackgroundImage
Button9.BackgroundImage
= Button3.BackgroundImage
Button3.BackgroundImage = Gambar
Angka
= Button9.Text
Button9.Text = Button3.Text
Button3.Text = Angka
Gambar = Button2.BackgroundImage
Button2.BackgroundImage = Button7.BackgroundImage
Button7.BackgroundImage = Gambar
Angka
= Button2.Text
Button2.Text = Button7.Text
Button7.Text = Angka
Gambar = Button2.BackgroundImage
Button2.BackgroundImage = Button6.BackgroundImage
Button6.BackgroundImage = Gambar
Angka
= Button2.Text
Button2.Text = Button6.Text
Button6.Text = Angka
Gambar = Button3.BackgroundImage
Button3.BackgroundImage = Button8.BackgroundImage
Button8.BackgroundImage = Gambar
Angka
= Button3.Text
Button3.Text = Button8.Text
Button8.Text = Angka
Gambar = Button3.BackgroundImage
Button3.BackgroundImage = Button1.BackgroundImage
Button1.BackgroundImage = Gambar
Angka
= Button3.Text
Button3.Text = Button1.Text
Button1.Text = Angka
Gambar = Button5.BackgroundImage
Button5.BackgroundImage = Button8.BackgroundImage
Button8.BackgroundImage = Gambar
Angka
= Button5.Text
Button5.Text = Button8.Text
Button8.Text = Angka
Gambar = Button5.BackgroundImage
Button5.BackgroundImage = Button7.BackgroundImage
Button7.BackgroundImage = Gambar
Angka
= Button5.Text
Button5.Text = Button7.Text
Button7.Text = Angka
Gambar = Button6.BackgroundImage
Button6.BackgroundImage = Button1.BackgroundImage
Button1.BackgroundImage = Gambar
Angka
= Button6.Text
Button6.Text = Button1.Text
Button1.Text = Angka
End Sub
Listing berikut berisi prosedur tentang
pengaturan/kondisi bagaimana cara pengacakan puzzle di mana kondisi source code
ini mengatur timer. Jadi setiap detiknya, backgroundimage dan text dalam button
akan saling berpindah dan menukar dengan button lain.
Private Sub
Button10_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button10.Click
Button1.Enabled = True
Button2.Enabled = True
Button3.Enabled = True
Button4.Enabled = True
Button5.Enabled = True
Button6.Enabled = True
Button7.Enabled = True
Button8.Enabled = True
Button9.Enabled = True
Button11.Enabled = True
Timer1.Enabled = True
acak = Rnd() * 10
End Sub
Private Sub
ToolStripButton1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
ToolStripButton1.Click
Button9.BackgroundImage = i
Button10.Enabled = True
End Sub
Private Sub
ToolStripButton2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
ToolStripButton2.Click
Me.Hide()
Form5.Show()
End Sub
Private Sub
Button11_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button11.Click
Timer1.Enabled = False
Button10.Enabled = False
Button11.Enabled = False
Button12.Enabled = True
Button13.Enabled = True
End Sub
Private Sub
Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
a =
Button1.BackgroundImage
b =
Button2.BackgroundImage
c =
Button3.BackgroundImage
d =
Button4.BackgroundImage
j =
Button5.BackgroundImage
f =
Button6.BackgroundImage
g =
Button7.BackgroundImage
h =
Button8.BackgroundImage
i =
Button9.BackgroundImage
Button1.Enabled = False
Button2.Enabled = False
Button3.Enabled = False
Button4.Enabled = False
Button5.Enabled = False
Button6.Enabled = False
Button7.Enabled = False
Button8.Enabled = False
Button9.Enabled = False
Button10.Enabled = False
Button11.Enabled = False
Button12.Enabled = False
Button13.Enabled = False
End Sub
Private Sub
Button12_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button12.Click
Me.Hide()
Form3.Show()
End Sub
Private Sub
Button13_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button13.Click
Button1.Text = "1"
Button2.Text = "2"
Button3.Text = "3"
Button4.Text = "4"
Button5.Text = "5"
Button6.Text = "6"
Button7.Text
= "7"
Button8.Text = "8"
Button9.Text = ""
Button1.BackgroundImage = a
Button2.BackgroundImage = b
Button3.BackgroundImage = c
Button4.BackgroundImage = d
Button5.BackgroundImage = j
Button6.BackgroundImage = f
Button7.BackgroundImage = g
Button8.BackgroundImage = h
Button9.BackgroundImage = i
Button1.Enabled = False
Button2.Enabled = False
Button3.Enabled = False
Button4.Enabled = False
Button5.Enabled = False
Button6.Enabled = False
Button7.Enabled = False
Button8.Enabled = False
Button9.Enabled = False
Button10.Enabled = False
Button11.Enabled = False
End Sub
End Class
PADA FORM 3
Public Class Form3
Private Sub
Button11_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button11.Click
Me.Hide()
Form2.Show()
End Sub
End Class
PADA FORM 5
Public Class Form5
Private Sub
Button11_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button11.Click
Me.Hide()
Form2.Show()
End Sub
Listing ini digunakan untuk
memunculkan form2 yang berisi tentang
menu permainan aplikasi game. Form2.show digunakan untuk menampilkan
form2 dan me.hide digunakan untuk menyembunyikan form5
Private Sub
Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button1.Click
If MsgBox("Anda yakin
akan keluar", vbYesNo + vbQuestion + vbDefaultButton2, "Keluar") = vbYes Then
Me.Close()
End If
End Sub
Listing ini digunakan untuk keluar
dari aplikasi game puzzle. Apabila memilih yes, maka keluar dari game dan
apabila memilih no maka tetap pada form5, yaitu dengan menerapkan fungsi
operator percabangan if
End Class
2 komentar:
form 1 dimana?
Posting Komentar