Pertama-tama
bukalah program Visual Basic 2010 dengan cara:
1. Klik "Start"
2. Pilih Microsoft Visual Basic 2010
3. Setelah mucul "Start Page" pilih "New Project"
2. Pilih Microsoft Visual Basic 2010
3. Setelah mucul "Start Page" pilih "New Project"
4. Setelah muncul halaman New Project pilih “Windows Forms Application”
5. Klik “OK”
NO
|
KOMPONEN
|
PROPERTIES
|
KETERANGAN
|
1
|
Form 1
|
Name
|
Form 1
|
Text
|
Form 1
|
||
2
|
Button 1
|
Name
|
Button 1
|
Text
|
Play
|
||
3
|
Button 2
|
Name
|
Button 2
|
Text
|
Exit
|
||
4
|
Form 2
|
Name
|
Form 2
|
Text
|
Form 2
|
||
5
|
Button 1
|
Name
|
Button 1
|
Text
|
NUMBER
|
||
6
|
Button 2
|
Name
|
Button 2
|
Text
|
PICTURE
|
||
7
|
Form 3
|
Name
|
Form 3
|
Text
|
Form 3
|
||
8
|
Label 1
|
Name
|
Label 1
|
Text
|
0
|
||
9
|
Label 2
|
Name
|
Label 2
|
Text
|
0
|
||
10
|
Label 3
|
Name
|
Label 3
|
Text
|
0
|
||
11
|
Label 4
|
Name
|
Label 4
|
Text
|
MONEY
|
||
12
|
Label 5
|
Name
|
Label 5
|
Text
|
BET
|
||
13
|
Button 1
|
Name
|
Button 1
|
Text
|
START
|
||
14
|
Button 2
|
Name
|
Button 2
|
Text
|
STOP
|
||
15
|
Button 3
|
Name
|
Button 3
|
Text
|
EXIT
|
||
16
|
Button 4
|
Name
|
Button 4
|
Text
|
BACK
|
||
17
|
TextBox 1
|
Name
|
TextBox 1
|
Text
|
|||
18
|
TextBox 2
|
Name
|
TextBox 2
|
Text
|
|||
19
|
Form 4
|
Name
|
Form 4
|
Text
|
Form 4
|
||
20
|
Button 1
|
Name
|
Button 1
|
Text
|
YES
|
||
21
|
Button 2
|
Name
|
Button 2
|
Text
|
NO
|
||
22
|
Label 1
|
Name
|
Label 1
|
Text
|
Play Again ?
|
||
23
|
Form 5
|
Name
|
Form 5
|
Text
|
Form 5
|
||
24
|
TextBox 1
|
Name
|
TextBox 1
|
Text
|
|||
25
|
TextBox 2
|
Name
|
TextBox 2
|
Text
|
|||
26
|
Label 4
|
Name
|
Label 4
|
Text
|
MONEY
|
||
27
|
Label 5
|
Name
|
Label 5
|
Text
|
BET
|
||
28
|
Button 1
|
Name
|
TextBox 5
|
Text
|
START
|
||
29
|
Button 2
|
Name
|
ComboBox 1
|
Text
|
STOP
|
||
30
|
Button 3
|
Name
|
Square
|
Text
|
EXIT
|
||
31
|
Button 4
|
Name
|
Button 1
|
Text
|
BACK
|
||
32
|
PictureBox 1
|
Name
|
PictureBox 1
|
Text
|
|||
33
|
PictureBox 2
|
Name
|
PictureBox 2
|
Text
|
|||
34
|
PictureBox 3
|
Name
|
PictureBox 3
|
Text
|
|||
35
|
Timer 1
|
Name
|
Timer 1
|
Text
|
|||
36
|
ImageList 1
|
Name
|
ImageList 1
|
Text
|
ANALISIS
LISTING
PADA FORM 1
Public Class Form1
Private Sub Button1_Click_1(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button1.Click
Form2.Show()
Me.Hide()
End Sub
Listing ini digunakan untuk memulai game, yaitu dengan
memunculkan form2
Private Sub
Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button2.Click
Close()
End Sub
Listing ini digunakan untuk menutup program
aplikasi, yaitu dengan menutup form1.
End Class
PADA FORM 2
Public Class Form2
Private Sub
Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button1.Click
Form3.Show()
Me.Hide()
End Sub
Listing ini digunakan untuk memulai permainan
Casino dengan angka, yaitu dengan memunculkan form3.
Private Sub
Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button2.Click
Form5.Show()
Me.Hide()
End Sub
Listing ini digunakan untuk memulai permainan
Casino dengan gambar, yaitu dengan memunculkan form5.
End Class
PADA FORM 3
Public Class Form3
Private Sub
Timer1_Tick(ByVal sender As System.Object, ByVal
e As System.EventArgs) Handles
Timer1.Tick
Label1.Text = Int(Rnd() * 10)
Label2.Text = Int(Rnd() * 10)
Label3.Text = Int(Rnd() * 10)
End Sub
Listing ini berisi source code yang membantu dalam
proses pengacakan angka, yaitu mengacak angka dari 0-10. Hal ini karena datanya
berupa Integer.
Private Sub
Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal
e As System.EventArgs) Handles
Button2.Click
Timer1.Enabled
= False
If Label1.Text = Label2.Text Or
Label1.Text = Label3.Text Or Label2.Text =
Label3.Text Or Label1.Text = Label2.Text =
Label3.Text Then
MsgBox("BINGO !")
TextBox1.Text = Val(TextBox1.Text) + Val(TextBox2.Text)
Else
MsgBox("OH NO !")
TextBox1.Text = Val(TextBox1.Text) - Val(TextBox2.Text)
End If
Button1.Enabled = True
Button2.Enabled = False
End Sub
Listing ini digunakan untuk menghentikan pengacakan
angka dan akan menampilkan message box tertentu apabila kita menang atau kita kalah
dalam game.
Private Sub
Button3_Click_1(ByVal sender As System.Object, ByVal
e As System.EventArgs) Handles
Button3.Click
Close()
End Sub
Listing ini digunakan untuk keluar dari permainan
game
Private Sub
Button4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal
e As System.EventArgs) Handles
Button4.Click
Form2.Show()
Me.Hide()
End Sub
Listing ini digunakan agar game kembali ke menu
utama, yaitu from 2. Dan untuk form permainan game menutup.
Private Sub
Button1_Click_1(ByVal sender As System.Object, ByVal
e As System.EventArgs) Handles
Button1.Click
If TextBox1.Text = ""
And TextBox2.Text = ""
Then
MsgBox("Sorry you have not put the bet
and your money")
Timer1.Stop()
ElseIf Val(TextBox2.Text) < "100" Then
MsgBox("Minimum Bet 100")
TextBox2.Text = "100"
ElseIf Val(TextBox1.Text) < "5000" Then
MsgBox("Minimum Money 5000")
ElseIf Val(TextBox1.Text) <= 0 Then
MsgBox("Sorry you lose, Game Over")
Form4.Show()
Me.Hide()
Else
Label1.Text = CStr(Int(Rnd() * 10))
Label2.Text = CStr(Int(Rnd() * 10))
Label3.Text = CStr(Int(Rnd() * 10))
Timer1.Enabled = True
End If
If Val(TextBox2.Text) > Val(TextBox1.Text) Then
MsgBox("Your money is not enough")
TextBox2.Text = "0"
End If
If Timer1.Enabled = True
Then
Label1.Text = ""
Label2.Text = ""
Label3.Text = ""
Button1.Enabled = False
Button2.Enabled = True
End If
End Sub
Listing ini digunakan untuk memperingatkan
kepada pemain, jika dia belum memasukkan bet dan money, maka ada message box
yang muncul berisi peringatan bahwa tulisan bet atau taruhan uang harus dimasukkan.
Bet yang digunakan minimum 100. Sedangkan untuk uang minimum 5000. Listing ini juga
digunakan untuk menunjukkan message box bahwa pemain kalah dan game over.
Kemudian masuk ke dalam form 4.
Listing
dibawahnya juga digunakan untuk menspin angka secara acak.Int berarti interger
yang berarti bahwa angka inputan yang digunakan untuk casino adalah integer.Cstr
digunakan untuk mengkonversi data integer menjadi data string.Hal ini karena
data semula adalah integer. Data integer ini juga yang digunakan dalam source
code penghitungan jumlah uang. Namun data yang akan ditampilkan adalah data
karakter, sehingga dibutuhkan cstr untuk mengubah menjadi string. Timer
berfungsi untuk pengacakan angka
Jika
bet melebihi jumlah uang yang ada maka akan muncul message box yaitu your money
is not enough. Jika label 1, 2,3 kosong, maka button 1 tidak bias diklik dan
button 2 bisa.
Private Sub
Form3_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
End Sub
Private Sub
TextBox1_TextChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal
e As System.EventArgs) Handles
TextBox1.TextChanged
If Val(TextBox1.Text) > "250000"
Then
MsgBox("CONGRATS, YOU WIN !")
Form4.Show()
Me.Hide()
End If
End Sub
Listing digunakan untuk menunjukkan jika uang lebih
dari 250000 maka muncul message box : CONGRATS, YOU WIN ! dan form 4
diperlihatkan sedangkan from sebelumnya disembunyikan.
End Class
PADA FORM 4
Public Class Form4
Private Sub
Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button1.Click
Form1.Show()
Me.Hide()
End Sub
Listing ini digunakan untuk menunjukkan bahwa
button 1 jika diklik maka form 1 terlihat dan form 4 akan disembunyikan.
Private Sub
Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button2.Click
Close()
End Sub
End Class
Listing ini digunakan untuk menunjukkan jika
button2 diklik maka form akan menutup semua atau dalam arti close.
PADA FORM 5
Public Class Form5
Dim p1, p2, p3 As Integer
Private Sub Timer1_Tick(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Timer1.Tick
p1 =
Int(1 + Rnd() * 5)
p2 =
Int(1 + Rnd() * 5)
p3 =
Int(1 + Rnd() * 5)
Select Case p1
Case 1
PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(0)
Case 2
PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(1)
Case 3
PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(2)
Case 4
PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(3)
Case 5
PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(4)
End Select
Select Case p2
Case 1
PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(0)
Case 2
PictureBox2.Image =
ImageList1.Images.Item(1)
Case 3
PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(2)
Case 4
PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(3)
Case 5
PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(4)
End Select
Select Case p3
Case 1
PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(0)
Case 2
PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(1)
Case 3
PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(2)
Case 4
PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(3)
Case 5
PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(4)
End Select
End Sub
Dim digunakan untuk mendeklasrasikan variabel.Dalam
form ini variabelnya adalah p1,p2,p3 sebagai integer.
Dim p1, p2, p3 AsInteger
Listing ini digunakan untuk menunjukkan
perputaran dari gambar ,dan Int digunakan sebagai interger, dan Rnd digunakan dalam
pengacakan. Dan dikali 5 karena ada perputaran selama 5 kali karena gambarnya
juga terdapat 5 setiap label.
Dan untuk perputaran gambarnya dan
pemasukkan gambarnya dimasukkan dengan menggunakan operator case. Setiap gambar
yang akan dimasukkan, yaitu sejumlah 5 gambar dimasukkan melalui image list.
Untuk setiap case p1, case p2, case p3 perputarannya sama sesuai dengan jumlah
gambar yang dimasukkan image list.
Pada
kasus kali ini menggunakan operator case karena operator case merupakan salah satu model percabangan index atau
yang dikenal dengan pemilihan berindex.Dalam visual Basic percabangan index ini
menggunakan Select Case dengan format:
Select Case <variable>. Hal ini karena pada setiap picture box terdiri dari beberapa gambar indeks sehingga susah memproses source codenya jika tanpa menggunakan case
Select Case <variable>. Hal ini karena pada setiap picture box terdiri dari beberapa gambar indeks sehingga susah memproses source codenya jika tanpa menggunakan case
Private Sub
Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button2.Click
Timer1.Enabled = False
If p1 = p2 Or p1 = p3
Or p2 = p3 Then
MsgBox("BINGO !")
TextBox1.Text = Val(TextBox1.Text) + Val(TextBox2.Text)
Else
MsgBox("OH NO !")
TextBox1.Text = Val(TextBox1.Text) - Val(TextBox2.Text)
End If
Button1.Enabled = True
Button2.Enabled = False
End Sub
Listing ini digunakan bahwa jika p1 = p2 Or p1 = p3 Or p2 = p3
(muncul 2 gambar yang sama) maka akan keluar message box bingo Q, dan jika tidak
maka akan muncul message box yaitu oh no !. karena taruhannya gagal
Jika keluar message box Oh No, maka money akan dikurangi
dengan bet, sehingga button 1 bisa diklik maka button 2 tidak bias diklik.
Private Sub
Button3_Click_1(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button3.Click
Close()
End Sub
Listing ini digunakan untuk menunjukan jika button3
diklik maka akan mengclose sendiri.
Private Sub
Button4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button4.Click
Form2.Show()
Me.Hide()
End Sub
Listing ini digunakan untuk menunjukkan jika
button4 diklik maka form2 akan muncul dan form 5 akan disembunyikan.
Private Sub
Button1_Click_1(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button1.Click
If TextBox1.Text = ""
And TextBox2.Text = ""
Then
MsgBox("Sorry you have not put the bet
and your money")
Timer1.Stop()
ElseIf Val(TextBox2.Text) < "100" Then
MsgBox("Minimum Bet 100")
TextBox2.Text = "100"
ElseIf Val(TextBox1.Text) < "5000" Then
MsgBox("Minimum Money 5000")
ElseIf Val(TextBox1.Text) <= 0 Then
MsgBox("Sorry you lose, Game Over")
Form4.Show()
Me.Hide()
Else
PictureBox1.Text = CStr(Int(Rnd() * 5))
PictureBox2.Text = CStr(Int(Rnd() * 5))
PictureBox3.Text = CStr(Int(Rnd() * 5))
Timer1.Enabled = True
End If
If Val(TextBox2.Text) > Val(TextBox1.Text) Then
MsgBox("Your money is not enough")
TextBox2.Text = "0"
End If
If
Timer1.Enabled = True Then
PictureBox1.Text = ""
PictureBox2.Text = ""
PictureBox3.Text = ""
Button1.Enabled = False
Button2.Enabled = True
End If
End Sub
Listing ini digunakan untuk memperingatkan
kepada pemain, jika dia belum memasukkan bet dan money, maka ada message box
yang muncul berisi peringatan bahwa tulisan bet atau taruhan uang harus dimasukkan.
Bet yang digunakan minimum 100. Sedangkan untuk uang minimum 5000. Listing
inijuga digunakan untuk menunjukkan message box bahwa pemain kalah dan game
over. Kemudian masuk ke dalam form 4.
Listing
dibawahnya juga digunakan untuk menspin gambar secara acak.Int berarti interger
yang berarti bahwa angka inputan yang digunakan untuk casino adalah integer.Cstr
digunakan untuk mengkonversi data integer menjadi data string.Hal ini karena
data semula adalah integer. Data integer ini juga yang digunakan dalam source
code penghitungan jumlah uang. Namun data yang akan ditampilkan adalah data
karakter, sehingga dibutuhkan cstr untuk mengubah menjadi string. Timer
berfungsi untuk pengacakan angka
Jika
bet melebihi jumlah uang yang ada maka akan muncul message box yaitu your money
is not enough. Jika label 1, 2,3 kosong, maka button 1 tidak bias diklik dan
button 2 bisa.
Private Sub Form5_Load(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles MyBase.Load
End Sub
Private Sub
TextBox1_TextChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
TextBox1.TextChanged
If Val(TextBox1.Text) > "250000"
Then
MsgBox("CONGRATS, YOU WIN !")
Form4.Show()
Me.Hide()
End If
End Sub
Listing ini digunakan untuk menunjukkan jika uang telah
lebih dari 2500000 maka akan keluar message box yaitu berbunyi CONGRATS, YOU
WIN! Form 4 akan keluar dan form 5 akan disembunyikan.
End Class